10 Tips Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda - Level brand awareness paling tinggi adalah ketika orang menyebutkan sebuah merk untuk menyebutkan sebuah benda tertentu. Misalnya, pasta gigi bagi orang Indonesia lebih sering disebut sebagai odol padahal Odol adalah merk pasta gigi dari Jerman yang dibawa oleh para tentara Hindia Belanda. Demikian halnya dengan algotech sebagai jasa pembuatan website profesional dan software di medan kami yang juga sudah dipercaya banyak klien. Brand awareness adalah tingkat pengetahuan dan wawasan orang mengenai sebuah merk atau sebuah brand mulai dari namanya, logonya, produknya, hingga nilai-nilai yang diusung oleh brand tersebut.
Manfaat dari meningkatkan brand awareness tentu saja adalah tingkat penjualan produk yang tinggi karena orang sudah lebih familiar dengan brand tersebut dan menganggap brand tersebut adalah pionir. Intinya audiens atau konsumen Anda jadi loyal dengan brand Anda, siapa tidak mau memiliki brand awareness yang tinggi? Menurut algotech, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness.
1. Menggunakan model freemium
Model ini menggunakan gabungan antara gratis dengan premium. Anda bisa memberikan kesempatan konsumen untuk menjajal layanan bisnis Anda secara gratis tentu dengan batasan-batasan tertentu. Kemudian jika konsumen ingin menggunakan layanan secara penuh maka ia harus melakukan upgrade ke versi premium. Dengan demikian konsumen bisa lebih mengenal layanan bisnis Anda dengan akses gratis, dan Anda bisa mendapatkan pemasukan dari iklan di versi gratis dan dari konsumen yang naik ke versi premium.
2. Bekerja sama dengan brand lain
Algotech juga merekomendasikan untuk melakukan kerjasama dengan brand atau individu lain untuk mengeluarkan produk dengan model atau desain yang lebih unik. Manfaatnya adalah memperbarui branding yang sudah lama, bisa mendapatkan pasar konsumen yang lain yang sebelumnya tidak terjamah, dan memberikan penyegaran pada strategi pemasaran brand Anda yang monoton.
3. Berlakukan program referal
Program referal adalah program di mana Anda memberikan insentif kepada orang yang berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan atau membeli produk Anda. Bukan, ini bukan MLM karena tidak perlu ada sistem level-levelan, orang yang berhasil mengajak orang lain untuk menjadi konsumen cukup hanya diberi imbalan yang menarik. Misalnya dapat potongan harga, dapat perpanjangan masa langganan, dan sebagainya.
4. Cantumkan infografis
Infografis adalah informasi yang disajikan dalam bentuk visual dan mengandung info-info yang padat dan to the point. Informasi dalam bentuk infografis saat ini makin populer karena elemen visual lebih mudah untuk ditangkap oleh sebagian besar otak manusia di dunia ini, ia juga mudah untuk dibagikan ke media sosial. Cantumkan brand Anda atau akun media sosial atau alamat situs pada setiap infografis yang dibuat.
5. Maksimalkan ulasan konsumen
Banyak pengguna algotech datang karena membaca ulasan konsumen lain yang puas dengan layanan kami. Anda pun juga bisa meningkatkan brand awareness dengan cara ini misalnya mendorong konsumen untuk mau memberikan ulasan secara sukarela. Contohnya memberikan poin tambahan atau voucher diskon bagi yang bersedia memberikan ulasannya.
6. Buat konten berbagai format
Seperti artikel dari jasa pembuatan aplikasi Android ini misalnya, Anda bisa membacanya tanpa harus mengeluarkan uang bukan? Memberikan konten-konten yang gratis terbukti bisa meningkatkan traffic dan lead rata-rata lebih dari 3x. Anda pun bisa bereksperimen dengan berbagai macam format konten selain tulisan, bisa membuat video, infografis, podcast, ebook, dan lainnya.
7. Mengadakan kontes
Model ini sangat populer di media sosial, misalnya peserta diminta untuk melakukan selfie yang menarik sambil menggunakan produk dari brand kemudian tulis caption mengapa memilih produk yang digunakan, lalu tandai akun media sosial brand dan sejumlah teman peserta yang lain. Mereka yang ikut kontes biasanya sudah aware dengan brand Anda jadi bisa di-follow up dengan memberikan voucher, gift set, dan lainnya.
8. Merambah podcast
Podcast adalah format konten yang cukup baru di Indonesia namun sudah mulai naik popularitasnya. Format konten berbasis audio ini bisa membuat audiens Anda jadi merasa lebih dekat dengan brand karena dipromosikan dengan cara yang lebih personal dan nyata, bukanya dalam format iklan yang kaku. Anda juga bisa menggunakan jasa podcaster sama teknisnya dengan menggunakan jasa influencer untuk menyebutkan nama brand Anda.
Baca Juga : Jasa Pembuatan Applikasi Android Di .Medan
9. Memanfaatkan influencer
Tujuannya adalah untuk memperkenalkan brand ke followers yang dimiliki oleh influencer yang pasti banyak yang belum follow akun media sosial brand Anda. Influencer dikenal bisa memberikan ulasan yang jujur dan bisa berkomunikasi dengan lebih dekat terhadap audiensnya sehingga keunggulan tersebut bisa dimanfaatkan brand tentu dengan memberikan insentif pada influencer.
10. Menjadi sponsor
Rekomendasi yang terakhir dari Algotech untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan menjadi sponsor. Pilih acara atau kegiatan yang memiliki target audiens yang sama, memiliki nilai yang sama, dan bisa sejalan dengan arah branding yang sedang dijalankan bisnis Anda. Tidak hanya sekedar mencantumkan nama di spanduk, menjadi sponsor juga bisa diikuti dengan mendirikan booth, membagikan kupon, dan sebagainya. Demikianlah pembahasan tentang 10 cara untuk meningkatkan brand awareness untuk bisnis Anda. Semoga bermanfaat bagi anda,