Apakah App Store Optimization(ASO) Mirip Search Engine Optimization(SEO) ? - Halo mitra algotech, di masa pandemik ini emang kita jadi punya banyak kesempatan belajar banyak tentang hal baru, kali ini algotech ingin share tentang ASO, kalau sudah pernah main di SEO pasti sudah paham dengan ASO ini. Ya ASO adalah singkatan dari App Store Optimization.
Saat ini aplikasi seluler atau applikasi android sudah banyak dikembangkan untuk memudahkan aktivitas pengguna. Persaingan antar aplikasi juga menjadi semakin ketat karna semakin banyak developer yang ikut dalam persaingan playstore. Berdasarkan data yang diperoleh dari statista.com , jumlah aplikasi di Google Play Store sudah mencapai 2,7 juta, sedangkan jumlah aplikasi di App Store mencapai 1.8 juta. Nah sangat banyak bukan, ini membuktikan bahwa persaingan di playstore saat ini juga mulai ketat. Algotech menyarankan agar mitra algotech dapat mengurus secara serius applikasi di playstore nya. Dan tinggatkan kualitas dan serta fix bug yang ada.
Jika Anda merilis produk berupa aplikasi seluler maka Anda harus bersaing dengan jutaan aplikasi yang lain. Agar aplikasi yang Anda kembangkan lebih mudah untuk ditemukan, Anda dapat memasarkannya menggunakan metode App Store Optimization ( ASO ). Yuk simak penjelasan dari kami, ini spesial loh.. karna belum pernah sekali pun kami bahas masalah ASO.
Daftar Isi :
- Apa Itu Aso ?
- Panduan optimalisasi aplikasi seluler dengan ASO.
Apa itu ASO ?
Pada dasarnya ASO atau App Store Optimization hampir sama dengan SEO. Jika seo medan digunakan untuk mengoptimalkan website, maka ASO digunakan untuk mengoptimalkan aplikasi. ASO adalah proses optimasi aplikasi seluler agar mendapatkan peringkat yang lebih tinggi di dalam hasil pencarian Google Play Store atau App Store. Hal ini dilakukan agar aplikasi menjadi lebih mudah ditemukan sehingga dapat digunakan oleh banyak orang. Sama dengan SEO, ASO juga membutuhkan waktu yang tidak singkat. Anda harus memantau dan memperbaiki teknik yang digunakan untuk meningkatkan jumlah unduhan aplikasi Anda.
Panduan optimalisasi aplikasi seluler dengan ASO.
Buat judul / nama aplikasi yang deskriptif dan jangan terlalu panjang.
Judul atau nama aplikasi yang deskriptif tidak hanya akan membantu pengguna dalam mengidentifikasi fungsi aplikasi, namun juga dapat membantu meningkatkan peringkat. Anda juga bisa memasukkan kata kunci yang relevan seperti yang dilakukan oleh aplikasi Google Trip yang menambahkan kata kunci “Travel Planner” di belakang nama utama mereka. Selain itu, pastikan aplikasi memiliki nama yang singkat dan unik agar mudah diingat oleh pengguna.
Buat deskripsi dengan baik jangan asal asalan ya.
Ketika users tertarik dengan judul yang telah Anda buat, mereka akan mencari informasi lebih dalam melalui kolom deskripsi. Oleh karena itu, kesempatan untuk mendapatkan pengguna baru tidak boleh Anda sia-siakan. Deskripsi juga akan membantu algortima app store untuk menemukan kata kunci untuk mengindeks aplikasi Anda. Buatlah deskripsi aplikasi secara informatif, mudah dimengerti, terstruktur, dan mengandung kata kunci.
Gunakan kata kunci yang relevan dan keyword yang banyak di cari pengguna.
Sama seperti SEO, kata kunci memegang peran penting untuk mengoptimalkan aplikasi. Sisipkan kata kunci relevan ke dalam judul atau deskripsi aplikasi Anda. Lakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi namun dengan tingkat kompetisi yang rendah. Untuk cara riset kata kuncinya akan kita bahas ya di topik selanjut nya.
Siapkan screenshot dan video app berkualitas (HD).
Screenshot dan video dapat memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan fungsionalitas aplikasi. Sebagian besar pengguna juga akan merasa lebih yakin untuk mengunduh aplikasi ketika mereka dapat melihat deskripsi aplikasi dengan detail visual. Dan urutkan juga screenshoot nya ketika upload, jangan buat pengguna menjadi bingung setelah melihat urutan screenshoot mitra algotech.
App ratings dan reviews.
Feedback dari pengguna juga menjadi bagian yang perlu Anda perhatikan. App store akan memperhitungkan komentar dan ulasan yang pengguna tinggalkan untuk aplikasi Anda. Semakin banyak rating positif yang Anda dapat , maka semakin besar pula kemungkinan aplikasi Anda mendapat peringkat yang baik di hasil pencarian. Jangan lupa ucapkan terima kasih ketika mendapat review, mesin pencari playstore dan appstore juga bekerja layak nya manusia, mesin pencari akan membuat rating yang relevan ketika ada aktifitas di kanal applikasi kita.
Untuk mendapatkan ulasan positif dari pengguna, Anda dapat meminta ketika mereka selesai menggunakan aplikasi Anda. Sebagai contoh, jika aplikasi yang Anda kembangkan berupa online shop, Anda dapat meminta ulasan positif ketika pengguna selesai melakukan pembelian.
Gunakan app store analytics.
Untuk mengetahui apakah metode yang telah Anda lakukan berjalan dengan baik, Anda dapat menggunakan beberapa app strore analytic untuk melacak perkembangan performa aplikasi. Data yang Anda peroleh nantinya dapat Anda gunakan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan aplikasi, serta meningkatkan strategi ASO yang Anda lakukan. Beberapa alat yang dapat Anda gunakan seperti App Radar, Appsflyer, AppAnnie SplitMetrics, dan lain-lain.
Demikianlah pembahasan dari kami tentang App Store Optimization(ASO).
Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat mitra algotech, apabila anda ingin membuat Applikasi android atau IOS dapat menghubungi kami di No WA 0812 6363 0633. Kami senang dapat membantu usaha dan bisnis.