Jasa Pembuatan Website UMKM - UMKM belakangan mendapatkan perhatian yang sangat intens dari pemerintah. Disaat banyak perusahaan besar yang tumbang karena krisis ekonomi, UMKM terus bisa eksis dan bertahan bahkan hingga saat ini. Hal inilah yang membuat pemerintah mendorong kemajuan dan keberlangsungan UMKM secara komprehensif. Hingga tahun 2020, pemerintah menargetkan 8 juta UMKM memiliki pasar online. Jika UMKM Anda belum memiliki pasar online atau bahkan belum menyentuh dunia digital sama sekali, sudah saatnya Anda menggunakan jasa pembuatan website toko online.
Daftar Isi :
- Rencanakan website seperti apa yang ingin dibuat.
- Berkonsultasilah dulu dengan penyedia jasa sebelum memutuskan memesan.
- Tidak perlu memilih paket mahal terutama jika Anda belum bisa mengoperasikan website.
- Rutin mengupdate konten website.
Website dalam mendukung kegiatan bisnis
Perkembangan teknologi terus berkembang dengan pesat. Dengan menggunakan teknologi, berbagai hal yang berkaitan dengan urusan bisnis dapat dilakukan dengan lebih cepat, tepat dan efisien. Adanya e-commerce memudahkan para penjual/pebisnis untuk memasarkan produk atau jasa tanpa batasan waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun, Anda dapat terus dapat melakukan promosi untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Website dapat digunakan sebagai media penjualan, sarana publikasi, media untuk memperkenalkan profil perusahaan dan juga branding. Lebih dari itu, website memiliki peran untuk meningkatkan dan mempertahankan keberlangsungan sebuah usaha.
Sebelum menggunakan e-commerce, upaya untuk menambahkan produk baru di dalam katalog memerlukan waktu dan juga biaya yang tidak sedikit. Penjual perlu mencetak ulang katalog yang memakan banyak biaya. Belum lagi sisa katalog yang sebelumnya tidak bisa digunakan kembali karena isinya sudah tidak update. Hanya untuk menambah sebuah produk dalam katalog, penjual harus menghabiskan cukup banyak sumber daya.
Berbeda dengan saat ini, jika ingin menambahkan produk baru dalam katalog online Anda hanya perlu menyiapkan konten lalu mengupdatenya. Informasi tersebut pun langsung terdistribusikan dan dapat diakses oleh seluruh konsumen. Sangat mudah dan efisien bukan? Tidak ada biaya yang dikeluarkan, waktu pengerjaan sangat cepat dan tentunya proses pendistribusian informasi berjalan dengan lebih efektif. Pada intinya, website membuat biaya promosi menjadi jauh lebih hemat.
Pelanggan biasanya akan memutuskan untuk membeli sebuah produk setelah menelitinya habis-habisan. Website membuat pelanggan menjadi lebih cepat dalam mengambil keputusan. Dengan foto dan deskripsi produk yang tertera di website, pelanggan dapat langsung mengambil kesimpulan singkat mengenai kualitas sebuah produk. Jika merasa kurang mendapatkan informasi dari deskripsi produk, pelanggan dapat langsung menghubungi customer service dan menanyakan informasi yang diinginkan. Setelah merasa yakin, pelanggan dapat langsung melakukan transaksi pembelian melalui website. Tanpa disadari, website membantu Anda mendapatkan pelanggan dalam waktu yang lebih cepat. Website dapat diakses selama 24 jam, pelanggan dapat melakukan pembelian barang kapanpun. Tidak harus menunggu toko buka pada keesokan harinya, di waktu dini hari pun pelanggan dan penjual dapat melakukan transaksi. Semakin cepat Anda mendapatkan pelanggan maka semakin cepat pula omset terpenuhi.
e-commerce memudahkan transaksi antara pelanggan dan penjual. Melalui live chat ataupun formulir yang tersedia, pelanggan dapat melakukan pemesanan, memberikan feed back atau mencari tahu informasi yang diinginkan. Hubungan baik antara penjual dan pelanggan pun dapat terjalin dengan lebih baik. Sehingga pelanggan akan lebih loyal karena merasa lebih dekat dengan perusahaan. Selain itu, website memiliki fasilitas untuk menganalisis statistik pengunjung web. Sebagai pemilik web, Anda dapat melihat berapa pengunjung yang mengakses web setiap harinya, berapa lama waktu yang dihabiskan dan halaman apa saja yang dibuka. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam mengukur seberapa efektifnya fungsi website bagi bisnis.
Mulai memiliki website bisnis
Membuat website sendiri tidaklah mudah, oleh karena itu Anda dapat menyerahkannya pada jasa pembuatan website. Tidak hanya membuat website, pembuat website juga menyediakan jasa maintenance website. Berikut beberapa tips untuk mulai memiliki website bisnis sendiri yang dapat Anda terapkan.
1. Rencanakan website seperti apa yang ingin dibuat.
Hal ini sangat bergantung pada jenis usaha yang sedang dijalankan. Beberapa tipe website yang dapat Anda pilih diantaranya adalah company profile, media informasi, travel agent, website berita, toko online dan lain sebagainya. UMKM biasanya akan membuat websitenya sebagai toko online. Untuk membuat website toko online, Anda perlu memperhatikan kapasitas server yang diberikan jasa pembuat website dan mempertimbangkan apakah dengan kapasitas yang ada target pasar Anda dapat terpenuhi? Semakin besar kapasitas server, maka akan semakin tinggi pula biaya jasa yang dikenakan. Oleh karena itu, sesuaikan target pasar dengan anggaran yang dimiliki.
2. Berkonsultasilah dulu dengan penyedia jasa sebelum memutuskan memesan.
Beberapa penyedia jasa di luar negeri menyediakan servis lifetime dan support ketika terjadi error pada website. Tanyakan dengan jelas apakah penyedia jasa juga menyediakan kedua layanan tersebut. Biasanya jenis pelayanan yang akan diberikan tergantung pada paket yang dipilih. Pastikan Anda sudah memilih paket yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.
3. Tidak perlu memilih paket mahal terutama jika Anda belum bisa mengoperasikan website.
Pilihlah paket personal dengan harga terjangkau terlebih dahulu dan gunakan website sebagai sarana belajar. Setelah Anda mahir mengoperasikannya, barulah Anda updgrade website ke paket yang lebih tinggi. Tujuannya adalah efisiensi. Akan sayang sekali jika fitur mumpuni yang diberikan paket berharga tinggi tidak dapat Anda manfaatkan dengan baik. Lebih baik gunakan fitur standar dan tidak menyia-nyiakan budget untuk sesuatu yang belum bisa digunakan.
4. Rutin mengupdate konten website.
Setelah mulai memiliki website, hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga website agar selalu up to date. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko online Anda. Selain itu, website yang selalu update akan memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari. Jika toko online Anda menjual sepatu, Anda dapat terus mengupdate website dengan memberikan artikel seputar tips merawat sepatu atau tips lainnya yang berkaitan dengan sepatu. Selain berbelanja, pelanggan Anda juga akan mendapatkan tambahan edukasi dari berbagai artikel yang Anda terbitkan.
Baca Juga : 5 Alasan Kenapa UMKM Butuh Website
Memilih penyedia jasa berkualitas merupakan hal yang paling penting. Ada banyak penyedia jasa yang dapat Anda temukan hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencari. Akan tetapi, Anda harus lebih teliti saat memilihnya. Lakukan survey secara online terlebih dahulu untuk melihat beberapa penyedia jasa yang menawarkan layanan serupa. Bila perlu, mintalah referensi dari rekan ataupun kerabat yang sudah pernah menggunakan jasa pembuatan website. Jangan sampai karena kurang teliti saat memilih penyedia jasa, Anda tidak mendapatkan pelayanan maksimal padahal sudah membayar jasa dengan biaya yang tinggi. Ketahui terlebih dahulu portofolio penyedia jasa pembuat website untuk mengetahui proyek apa saja yang sudah mereka kerjakan, layanan apa saja yang diberikan dan seberapa baik kualitas kerja yang dimiliki. Biaya pembuatan website biasanya berkisar antara ratusan hingga jutaan rupiah. Harga tersebut sudah termasuk hosting, domain, desain, maintenance dan juga support saat terjadi error. Anda dapat menggunakan Jasa Pembuatan Website UMKM dengan menghubungi 0812 6363 0633 sebagai referensi.