Mengenal 6 Jenis Segementasi Pangsa Pasar Dari Dunia Bisnis

Kami adalah perusahaan penyedia jasa pembuatan website, software dan maintenance di medan

Mengenal 6 Jenis Segementasi Pangsa Pasar Dari Dunia Bisnis

Mengenal 6 Jenis Segementasi Pangsa Pasar Dari Dunia Bisnis

Dapatkan berita terbaru dan informasi terupdate di dunia teknologi

Mengenal 6 Jenis Segementasi Pangsa Pasar Dari Dunia Bisnis - Dalam bisnis online ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Dengan kata lain bukan hanya pembuatan website yang dilakukan oleh layanan jasa pembuatan website toko online saja, tetapi ada banyak hal lainnya yang juga patut untuk Anda perhatikan. Salah satu di antaranya adalah segmen pasar. Bagi para pengusaha pemula tentu akan merasa asing dengan istilah tersebut bukan? Pada dasarnya segmentasi pasar merupakan bagian dari strategi pembagian pangsa pasar. Pembagian tersebut dilakukan untuk memperkecil pangsa pasar yang dituju, sehingga proses pemasaran yang dilakukan pun dapat terfokus dengan lebih mudah. 
Berikut ini adalah penjelasan dari segmentasi pasar yang telah dibagi menjadi beberapa bagian di antaranya :


Segmentasi perilaku.
Pada segmentasi yang satu ini, konsumen akan dibagi menjadi beberapa bagian tertentu yang di antaranya terdiri dari pengetahuan, respon, loyalitas, hingga konsumen dengan penggunaan produk yang telah Anda tawarkan padanya. Dengan kata lain, ketika Anda menjual produk dari kuas make up, maka pastikanlah untuk menjualnya di tempat penjualan make up. Dalam hal ini hindari tempat penjualan alat make up itu sendiri, karena di tempat tersebut tentunya ada banyak pesaing lain yang harus Anda hadapi. 

Segmentasi demografis.
Untuk segementasi yang satu ini konsumen dibagi berdasarkan karakteristik secara umum seperti halnya dilihat dari gender,usia, pekerjaan yang dimiliki, pendapatan, pendidikan dan beragam hal lainnya. Segmentasi ini termasuk dalam segmentasi yang paling mudah untuk dilakukan karena memiliki jumlah yang banyak. Namun hal tersebut juga menjadikannya sulit karena terlalu luas. Karena itulah untuk mendapatkan pembagian yang lebih rinci, tentunya dibutuhkan usaha yang lebih ekstra. 

Segmentasi psikografis.
Berbeda dengan segmentasi di bagian atas tadi. Untuk segmentasi yang satu ini justru membagi konsumen yang ditujunya berdasarkan pada hal apa yang disukai olehnya, pendapat yang dinyatakan konsumen juga kegiatan apa saja yang dilakukan olehnya. Dari penjelasan tersebut dapat Anda lihat bahwa pada segmentasi ini pembagian lebih difokuskan berdasarkan dimensi psikologis yang dimilikinya, termasuk di antaranya hal-hal yang berkaitan dengan hobi atau bahkan hal lain yang disukainya. Seperti halnya ketika Anda melakukan penjualan dari buku tulis handmade yang tentunya akan lebih laku apabila Anda promosikan di kalangan penulis, penerbit atau bahkan mereka yang berprofesi sebagai tenaga administrasi seperti halnya sekretaris.

Segmentasi geografis.
Sesuai dengan nama yang dimilikinya segmentasi pasar yang satu ini jelas membagi konsumen berdasarkan pada unit demografis berbeda. Seperti halnya pembagian segmentasi berdasarkan negara, provinsi, kota atau kabupaten dan lainnya. Selain itu, segmentasi geografis ini juga dapat disatukan dengan segmentasi demografis. Seperti halnya ketika Anda menjual produk kecantikkan dengan harga tinggi, maka Anda pun dapat memilih segmentasi pasar dari kaum wanita yang tinggal di kawasan perkotaan. 

Segmentasi budaya.
Untuk segmentasi budaya tentunya Anda perlu memperdalam kebudayaan itu sendiri. Hal ini berkaitan dengan keberadaan setiap budaya yang memiliki kepercayaan berbeda antara satu dengan lainnya. Dengan menggunakan hal tersebut sebagai bahan pendekatan, Anda tentunya dapat membagikan konsumen berdasarkan segmentasi kebudayaan dengan lebih mudah termasuk memanfaatkan keberadaannya pula. 

Segmentasi waktu khusus.
Selain beberapa segmentasi di bagian atas tadi, ada pula segmentasi lainnya yang dibagi berdasarkan pada waktu-waktu tertentu. Seperti halnya ketika Anda melakukan usaha dibidang fotografi, maka Anda pun dapat membuka stand layanan jasa fotografi di waktu khusus, baik itu ketika ada acara khusus seperti acara hiburan atau bahkan pada momen tertentu misalnya ketika diadakan acara wisuda dan lainnya. Dengan mengandalkan waktu tertentu secara khusus, tentunya Anda pun tidak perlu mencari pelanggan dengan bersusah payah, karena pada umumnya para pelanggan itu pun akan langsung menghampiri Anda. 
Keenam segmentasi pasar tersebut dapat lebih Anda fokuskan pada pembuatan konten di dalam website yang Anda miliki. Utamanya jika Anda ingin membuat layanan profesional dengan beragam informasi yang tercantum di dalamnya. Sementara itu, untuk mendapatkan website terbaik dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan Anda dapat menggunakan layanan jasa pembuatan website yang tersedia di NO HP 0812 6363 0633. 





Artikel Lainnya


8 Cara Ampuh Meningkatkan Layanan Ke Pelanggan Bagi Pebisnis Online

8 Langkah Ampuh Meningkatkan Layanan Pelanggan Bagi Pebisnis Online - Menjalankan bisnis online seperti toko online semakin diminati pengusaha muda, Mitra Algotech. Waktu kerja yang lebih fleksibel hingga penghasilan menjanjikan adalah salah dua alasan yang membuat profesi tersebut menarik di mata banyak orang. Namun, Mitra Algotech juga harus ingat kalau…

Read

Blogger Medan Diskusi Tenkologi 2020

Halo kawan-kawan,? ? Kelen tim libur atau tim kerja? ? Gak terasa udah akhir tahun aja ya kan, 2020 pun udah semakin dekat. Udah punya resolusi we? Udah tau tren teknologi 2020?? ? Kalau belum tau, nih, ikuti Durian Blogger Medan ke 37 ini. Dijamin kalian lebih optimis menghadapi tahun…

Read

Mengenal Profesi Digital Marketing

Mengenal Profesi Digital Marketing - Saat ini, istilah digital marketing sudah tak lagi asing, apalagi mengingat bahwa saat ini jumlah pengguna internet semakin bertambah dari waktu ke waktu. Hal ini kemudian mendorong perkembangan strategi pemasaran yang ikut merambah dunia digital untuk jangkauan pemasaran yang lebih luas. Untuk Mitra Algotech yang…

Read



Kirm Komentar Anda

ALGOTECH

Algotech perusahaan dan jasa pembuatan website di medan, kami sudah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah mempuyai pengalaman lebih dari 50 perusahaan di tangani. Kami berkomitmen untuk membantu perusahaan anda agar dapat lebih di kenal di dunia online.

Jl Mongonsidi No 6
( Dilo Telkom )
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

0812 6363 0633