Pengertian Apa Itu Search Engine Marketing dan Mengapa Harus Menggunakannya ? - Pernah mendengar istilah Search Engine Marketing (SEM)? SEM seringkali dipakai oleh algotech sebagai jasa pembuatan aplikasi Android di Medan terutama kaitannya dalam bisnis online dan optimasi website di mesin pencari. Penasaran ? Mari kita bahas satu satu.
Apa Itu Search Engine Marketing ?
Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi marketing yang sering dipakai oleh algotech yang juga memiliki layanan jasa iklan Google di Medan untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. Pada SEM, beberapa kata kunci yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual dimasukkan ke dalam artikel website oleh pemasang iklan. Nantinya, artikel atau website akan muncul di mesin pencarian ketika orang mencari kata kunci tersebut.
Search Engine Marketing tak hanya muncul di hasil pencarian kata kunci saja, tapi juga menampilkan iklan Anda di aplikasi maupun website yang bekerja sama dengan pengiklan atau Google. Karena tak semua orang yang mengunjungi website Anda akan melakukan pembelian, maka Google akan menampilkan iklan Anda ke aplikasi atau website yang muncul selanjutnya. Keinginan untuk membeli produk inilah yang diincar pengelola website ketika menerapkan SEM.
Apa Bedanya dengan SEO ?
Ketika membahas mengenai optimasi website, seringkali orang dibingungkan oleh SEM dan SEO. Apa perbedaan antara keduanya? Perbedaan mencolok dari dua metode tersebut terletak pada segi biaya. Biasanya biaya yang diterapkan dalam pengguna kedua strategi marketing tersebut berbeda.
Untuk bisa menerapkan SEM, Anda perlu mempersiapkan biaya tambahan dalam pengelolaan website. Hal ini karena penggunaan SEM harus menambah biaya untuk membayar ke mesin pencari dalam hal ini bisa Google atau Bing. Biaya ini diperuntukkan agar iklan bisa ditampilkan di halaman hasil pencarian secara simultan. Sementara pada SEO, pengelola website tak perlu membayar ke mesin pencari karena lebih berfokus pada optimasi konten artikel.
Pada jasa seo medan, algotech.co.id lebih berfokus untuk memunculkan website agar bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian. Mesin pencari hanya menampilkan hasil pencarian sesuai dengan algoritma yang diterapkan. Biasanya demi meningkatkan keberhasilan strategi marketing bisnis, jasa pembuatan aplikasi Android dan jasa pembuatan website dan jasa iklan Google di Medan akan menerapkan kedua strategi tersebut.
Pentingnya Menggunakan SEM
Ketika pengelola konten website menerapkan Search Engine Marketing, ada beberapa hal yang hendak dicapai. Beberapa tujuan penggunaan SEM di antaranya seperti berikut :
Meningkatkan Popularitas Produk
algotech.co.id biasanya menggunakan SEM guna meningkatkan popularitas atau brand awareness. Penelitian membuktikan penggunaan SEM mampu meningkatkan brand awareness hingga 80%. Hal ini karena iklan yang berkaitan dengan keyword akan selalu muncul setiap kali Anda mencari artikel yang membahas tentang keyword tersebut. Jadi, meskipun iklan tidak diklik, namun brand bisnis Anda sudah tertanam di benak pengunjung yang melihatnya berkali-kali.
Meningkatkan Conversion
Bila SEO lebih berfokus pada traffic organik berkaitan dengan kata kunci. Maka target SEM jauh lebih spesifik lagi yakni untuk mendorong conversion. Banyak pengelola konten website yang menggunakan SEM untuk memanfaatkan kata kunci sehingga mampu meningkatkan pembelian karena pengunjung yang dijaring adalah pengunjung yang berniat membeli.
Baca Juga : Jasa Iklan Google Di Medan
Mampu Menjangkau Konsumen Lokal
Biasanya algotech.co.id akan menerapkan SEM guna mengincar calon pelanggan lokal. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat pelanggan lokal merupakan pelanggan yang paling potensial menciptakan conversion. Ibarat Anda memiliki toko fisik, jika Anda menawarkan produk ke penduduk lokal, maka peluang terjadi transaksi akan lebih besar daripada menawarkan ke penduduk luar kota atau warga negara asing.
Tarif Bisa Disesuaikan dengan Ketersediaan Dana
Bagi kebanyakan orang, memasang iklan di perusahaan internasional seperti Google membutuhkan biaya yang besar. Hal ini membuat banyak pebisnis pemula mengurungkan niatnya menggunakan SEM. Padahal, Anda bisa menyesuaikan biaya iklan tersebut dengan ketersediaan dana yang Anda miliki. Biasanya algotech.co.id akan menawarkan paket termurah hingga termahal. Jadi, Anda bisa memilih opsi iklan yang diinginkan tanpa menguras dompet.
Memudahkan Pengelompokan Keyword
Pengelola website biasanya menerapkan SEM karena memudahkan penemuan halaman website. SEM memungkinkan adanya pengelompokan keyword yang serupa dan potensial. Jadi, ketika pelanggan memasukkan keyword yang mirip, iklan tetap bisa muncul. Bahkan ketika pelanggan berpindah ke halaman selanjutnya pun iklan yang bertema sama akan tetap ditampilkan.
Kesimpulan
Pemahaman mengenai pengertian apa itu search engine marketing dan mengapa harus menggunakannya bukan hanya penting bagi kamu yang ingin berjualan di dunia internet. Pemilik website atau pemilik bisnis juga perlu memahaminya demi meningkatkan potensi terjadinya penjualan. Bila pengelola website bisa mengkombinasikannya dengan SEO, dijamin peningkatan traffic dan penjualan bukan hal yang mustahil. Demikianlah ulasan mengenai Apa Itu Search Engine Marketing dan Mengapa Harus Menggunakannya, semoga dengan apa yang kami sajikan dapat bermanfaat kepada anda.