Strategi Membuat Caption Instagram Untuk Meningkatkan Engagement - Instagram adalah platform media sosial yang memiliki titik fokus pada elemen visual. Makanya Instagram bisa menjadi lahan yang subur bagi marketing karena elemen visual adalah elemen yang sangat kuat bagi meningkatkan brand awareness terutama bagi Anda yang ingin menargetkan audiens yang bersarang di internet. Tapi bukan berarti konten feeds Instagram Anda hanya mengandalkan gambar atau video berkualitas bagus saja.
Membubuhkan caption yang bagus juga memiliki faktor yang sangat penting karena teks bisa mengajak audiens untuk terlibat dalam kampanye yang sedang brand Anda lakukan melalui Instagram maupun platform lainnya. Teks juga bisa melengkapi pesan yang ingin disampaikan oleh konten format visual sehingga audiens bisa menangkap maksud dari kampanye brand dengan lebih akurat dan tidak menimbulkan persepsi yang salah. Bagaimana caranya membuat caption yang engaging untuk konten Instagram yang berkualitas tinggi? Berikut algotech.co.id sebagai perusahaan yang mempunyai layanan jasa pembuatan aplikasi Android berikan tips jitunya.
Lakukan banyak eksperimen
Tips yang pertama dari algotech.co.id untuk bisa membuat caption Instagram dengan engagement yang tinggi adalah bereksperimen. Buat berbagai macam gaya dan draft sesuai dengan konten visual yang ingin diunggah, kemudian lihat mana yang paling banyak mengundang respon dari followers akun Anda. Misalnya unggahan Instagram yang pertama tidak terlalu banyak mendapatkan respon baik likes maupun komentar karena bahasa yang digunakan adalah bahasa yang formal, kemudian ternyata unggahan yang kedua mendapatkan lebih banyak respon karena menggunakan bahasa yang lebih luwes dan sesuai dengan usia dari audiens yang menjadi target brand.
Menemukan mana gaya caption yang paling tepat untuk audiens Anda memang membutuhkan riset, tapi jangan jadi ragu untuk mencoba dan bereksperimen tidak hanya dari segi gaya bahasa tapi juga bisa jadi dari segi penggunaan tagar, kata sapa untuk audiens, dan sebagainya. Dengan banyak bereksperimen, Anda pun juga jadi bisa mengantongi data audiens yang tidak hanya bisa digunakan untuk Instagram tapi juga untuk digunakan di platform pemasaran lainnya.
Informasi penting ditaruh di depan
Anda bisa saja menuliskan caption yang panjang, karena Instagram memberikan ruang yang cukup luas untuk menuliskan teks sebagai keterangan foto atau video, tapi caption yang panjang akan dipotong agar tampilan feeds dari followers Anda terlihat lebih simpel dan enak dipandang mata. Dengan kata lain apa yang Anda katakan di bagian bawah caption tidak akan terbaca orang apabila orang tersebut tidak mengklik “read more” pada unggahan Instagram akun Anda. Maka dari itu tempatkan informasi yang paling penting atau bisa juga CTA di bagian awal caption. Bisa juga menulis caption dengan huruf besar untuk menarik perhatian orang misalnya “GIVEAWAY ALERT”, “DISKON 30% SAMPAI TANGGAL 5 JULI” dan sebagainya.
Bubuhkan CTA
CTA atau call to action adalah kata-kata yang menyebutkan secara eksplisit dari apa yang dimaui oleh pembuat konten kepada audiensnya. Jika pembuat konten ingin audiens membeli produknya maka CTA yang umum digunakan misalnya adalah “Beli sekarang juga!”, jika ingin audiens memberikan engagement dengan bentuk yang lain bisa dilakukan dengan cara membubuhkan kalimat “Like jika Anda setuju dan RT jika tidak setuju”, dan sebagainya. Intinya adalah apa yang Anda inginkan audiens lakukan maka mintalah dengan eksplisit tanpa harus malu-malu.
Mengapa CTA pada caption Instagram penting? Karena berdasarkan riset dari algotech.co.id, banyak audiens yang tidak tahu atau tidak menyadari apa yang harus dilakukan setelah membaca atau melihat sebuah konten. Namun dengan adanya CTA, maka audiens bisa dengan mudah memberikan apa yang diinginkan oleh si pembuat konten apakah itu untuk membeli produk, meninggalkan komentar, mendaftar untuk menjadi anggota, dan lain sebagainya. Dengan adanya CTA, konten Anda jadi memiliki tujuan yang jelas bahkan bisa memberikan kesan urgensi kepada audiens untuk bertindak sesegera mungkin.
Stimulasi dengan isu yang sedang trending
Orang makin mudah mengajukan pendapatnya melalui internet, Anda bisa memanfaatkan perilaku ini untuk meningkatkan engagement di Instagram dengan membuat caption yang berhubungan dengan isu yang sedang trending di kalangan masyarakat. Tapi hati-hati dalam memilih sebuah isu untuk diperbincangkan, pastikan ada kaitannya atau relevan dengan branding yang sedang dilakukan karena jika tidak hati-hati maka audiens bisa mendapatkan pesan branding yang salah mengenai brand Anda, atau bahkan memberikan citra yang berlawanan dengan branding yang selama ini sudah dibangun. Untuk memancing orang meninggalkan komentar di akun Instagram Anda, bisa dipancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang simpel dan jawabannya pun juga simpel. Anda bahkan bisa menambahkan pemberian hadiah bagi commenter yang beruntung sesuai dengan syarat yang Anda tentukan sendiri.
Selain berupa pertanyaan, rekomendasi dari jasa pembuatan aplikasi Android untuk membuat caption yang sesuai dengan isu yang sedang hangat dibicarakan bisa juga disampaikan dalam bentuk opini dari brand mengenai isu tersebut. Memberikan opini mengenai isu yang sedang tren dari segi brand bisa memberikan edukasi mengenai brand awareness kepada audiens yang tentunya disampaikan dengan cara yang elit dan tidak provokatif. Menyentuh isu yang sensitif bersiaplah untuk menghadapi komentar kontra namun hal tersebut adalah hal yang wajar asalkan tetap diladeni dengan cara yang sopan, tidak menyinggung pihak tertentu, dan tetap dalam konteks yang relevan dengan brand.
Baca Juga : Jasa Buat Website UMKM
Manfaatkan tagar
Tips dari algotech.co.id adalah dengan memanfaatkan tagar pada akhir caption. Fungsi tagar adalah agar konten Instagram Anda juga bisa muncul di explore pengguna Instagram yang lain sehingga meski mereka tidak follow akun Anda, konten Instagram Anda bisa dilihat lebih banyak orang. Menggunakan tagar yang tepat juga bisa meningkatkan jumlah followers dari orang-orang yang memang tertarik dengan isi feeds Instagram Anda, sudah tertarik dengan brand Anda dan ingin tahu lebih banyak. Oleh karena itu gunakan beberapa tagar pada akhir caption Instagram yang relevan dengan konten dan juga trending tagar yang sesuai dengan brand, tapi hati-hati jumlahnya jangan terlalu banyak dan jadi terlihat seperti spam.
Membuat caption yang menarik sama pentingnya membuat konten foto atau video untuk Instagram. Sebagus-bagusnya konten visual dalam menyampaikan pesan, akan selalu ada yang kurang paham, salah persepsi, bahkan salah paham dengan pesan maka dari itu dibutuhkan teks yang bisa mendampingi konten visual tanpa menghilangkan kesan artistik pada konten visual. algotech.co.id yang memiliki layanan Jasa pembuatan aplikasi Android telah memberikan tips-tips membuat caption Instagram di atas yang bisa membantu akun Anda mendapatkan engagement yang lebih tinggi dari audiens atau followers. Pastikan Anda banyak berlatih dan memperhatikan mana yang bisa mendapatkan respon bagus mana yang biasa saja agar unggahan-unggahan Instagram selanjutnya memiliki tingkat respon yang selalu tinggi dan misi untuk meningkatkan brand awareness pun bisa berhasil.