Tips Ampuh B2C Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Anda - Di era internet sekarang ini, pengembangan usaha sudah merambah banyak di internet. Anda yang ingin usaha sekarang harus mampu melakukan marketing dengan baik agar tidak kalah bersaing. Jika Anda adalah pelaku bisnis B2C, tentu tips – tips yang berikut ini akan mampu membantu pengembangan bisnis Anda.
Sebelum lanjut membahas tips – tips mengembangkan bisnis, bagi Anda yang tidak tahu istilah B2C, hal ini merupakan singkatan dari Business-to-Consumer. Arti dari istilah ini adalah bisnis yang berurusan dengan konsumen secara langsung. Contoh mudah saja seperti penjual pakaian desain custom ataupun makanan siap saji.
Nah, jika bisnis Anda termasuk di dalamnya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan:
Daftar Isi :
- Beri Perhatian Lebih untuk Website Bisnis Anda.
- Pastikan Website Anda Memberi Pengalaman Baik Bagi Konsumen.
- Analisis Kebiasaan Konsumen.
- Ambil Strategi Content Marketing.
- Buat Event yang Interaktif.
- Utamakan Pelayanan Pelanggan.
- Berikan Faktor “WOW” dan Usahakan Harga yang Bersaing.
Beri Perhatian Lebih untuk Website Bisnis Anda.
Di era digital, website bisnis Anda adalah pengganti toko. Dari persamaan ini, tentu Anda bisa bayangkan bagaimana seharusnya Anda merawat toko tempat Anda berusaha. Tidak ada konsumen yang mau datang jika toko tempat Anda berjualan tidak menarik. Hal ini juga berlaku untuk website.
Untuk memastikan website Anda mampu menarik konsumen, Anda harus pastikan beberapa hal diantaranya, mudah diakses dan cepat. Untuk keperluan ini, tentu Anda perlu melakukan optimasi yang baik.
Dalam hal kemudahan akses, Anda harus buat format website bisa dinikmati dari mobile device. SEO juga termasuk di dalam kemudahan akses ini. Semakin mudah website Anda ditemukan, kemudahan aksesnya akan makin baik.
Kecepatan akses di sini adalah masalah kecepatan load website Anda. Untuk keperluan ini, Anda harus pastikan penggunaan plug-in dan jasa domain server Anda mudah di akses. Kecepatan ini sangat penting bagi user. Dari survey yang dilakukan, hampir 60% orang menghindari website dengan load tim di atas 4 detik.
Pastikan Website Anda Memberi Pengalaman Baik Bagi Konsumen.
Selain kecepatan dan kemudahan akses, ada satu hal lagi yang harus Anda perhatikan dalam menggunakan website bisnis. Hal ini adalah user interface yang mudah digunakan dan dimengerti. User interface di sini mencakup menu, panel dan juga tool yang tersedia di website untuk konsumen Anda gunakan.
Selama tampilan website Anda mudah digunakan, tentu konsumen akan lebih suka berbelanja di tempat Anda. Hal seperti bantuan menu search, console yang mudah dimengerti dan widget pembantu adalah beberapa hal yang bisa Anda tambahkan untuk membantu pengalaman konsumen berbelanja di website Anda.
Sebagai contoh saja, sebagai penjual makanan siap saji, Anda menawarkan jasa delivery dan pemesanan online. Untuk pemenuhan ini, di website tentu Anda sediakan maps navigation untuk menentukan tempat kirim, daftar katalog menu makanan yang bisa dipesan beserta informasinya, penghitungan harga secara otomatis dan pilihan cara pembayaran yang cukup fleksibel.
Analisis Kebiasaan Konsumen.
Jika ingin mengembangkan bisnis, tentu Anda harus mengerti tentang konsumen Anda. Mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai konsumen akan lebih mudah jika Anda mempelajari kebiasaan mereka. Untuk tujuan ini, pastikan lakukan analisis yang baik dari feedback dan respons konsumen dalam jangka waktu rutin.
Ambil Strategi Content Marketing.
Strategi content marketing tentu sudah sangat terkenal saat ini. Content Marketing di sini memiliki tujuan untuk memberi informasi tambahan ataupun update agar konsumen selalu engage dengan brand Anda.
Untuk keperluan ini, banyak brand ternama membuat akun YouTube dan social media sebagai jalur penyebaran konten. Konten yang bisa dibuat di sini bisa sekedar foto – foto tentang informasi produk terbaru, video lucu dengan mascot brand Anda dan bahkan artikel bahasan informative. Selama konten ini menarik, banyak orang tentu menghubungkannya dengan produk bisnis Anda.
Buat Event yang Interaktif.
Agar konsumen selalu terikat dengan Anda, silahkan pikirkan beberapa event yang mungkin akan menarik bagi mereka. Hal seperti giveaway dan hadiah kontes adalah contoh mudah yang bisa dilakukan. Untuk event ini, Anda bisa adakan di website Anda ataupun melalui social media. Pastikan event ini memiliki nilai keuntungan yang baik agar banyak orang mengikutinya.
Utamakan Pelayanan Pelanggan.
Kunci mengembangkan bisnis online yang sukses adalah pelayanan. Karena menggunakan internet, hal ini bukan berarti semua bisa Anda serahkan pada sistem agar berjalan otomatis. Anda sebagai pemilik bisnis harus memaksimalkan interaksi human to human pada banyak kesempatan.
Hal seperti customer service dan interaksi admin social media dengan pelanggan adalah tempat di mana interaksi langsung terjadi. Dalam interaksi ini, Anda harus bisa menunjukan image brand yang peduli pada pelanggannya dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Pastikan selalu mendengarkan feedback dan memberi respons pada setiap konsumen yang membutuhkannya.
Berikan Faktor “WOW” dan Usahakan Harga yang Bersaing.
Faktor “WOW” yang dimaksud disini adalah keunikan produk Anda dibandingkan yang lain. Anda harus membuat hal ini menonjol karena di internet banyak orang bisa menyaingi produk Anda jika terlalu biasa. Biasanya jika produk terlalu biasa, Anda hanya bisa bersaing dengan harga saja.
Faktor unik di sini bisa saja dari kualitas maupun tampilan produk Anda. Misal saja Anda adalah penjual baju Islami. Agar menjadi unik, Anda membuat beberapa model baju koko Anda memiliki motif superhero yang sedang populer di internet saat itu. Hal ini tentu unik dan tidak banyak ditemukan di tempat lain.