9 Cara Ubah Konsumen Menjadi Pelanggan Tetap Agar Bisnis Makin Awet - Banyak orang yang melakukan bisnis sering merasakan bahwa mencari konsumen baru itu mudah, tapi membuat mereka menjadi pelanggan adalah langkah yang sulit. Menggunakan jasa SEO ataupun agen marketing online belum tentu menentukan konsumen baru tersebut menjadi pelanggan tetap.
Hal ini karena teknik marketing lebih mudah diaplikasikan untuk menarik pelanggan baru. Untuk menjaga pelanggan datang kembali, aspek yang diperlukan tidak hanya dari segi marketing. Pada artikel ini, mari bahas bersama cara – cara yang efektif membuat konsumen jadi pelanggan agar bisnis Mitra Algotech sekalian makin langgeng!
Buat Produk yang Berkualitas
Kunci sukses utama bisnis dapat dilihat dari produknya. Menjual produk yang berkualitas secara langsung membuat konsumen akan kembali lagi membelinya. Hal ini mudah dimengerti tapi sangat sulit diwujudkan. Untuk membuat produk berkualitas, pastikan menggunakan bahan baku terbaik, menggunakan uji kualitas ketat dan mengidentifikasi berbagai masalah sebelum produk sampai ke konsumen. Hanya dengan proses dan usaha lebih inilah, produk terbaik dapat diproduksi.
Setelah memiliki produk bagus tersebut, usaha tentu tidak berhenti dari situ. Bangun brand awareness tentang kualitas produk dan gunakan strategi marketing untuk menyebarkannya. Pastikan banyak pihak tahu bahwa produk yang dijual berkualitas tinggi. Mitra Algotech sekalian dapat menghasilkan pelanggan tetap dengan strategi ini.
Beri Tambahan Layanan Pelanggan yang Lebih Luar Biasa
Membuat konsumen dihargai dan diperhatikan dapat melalui pemberian layanan luar biasa. Pelayanan ini seperti memberikan prioritas lebih dibandingkan menggunakan layanan perusahaan kompetitor. Saat terlihat perusahaan lebih mementingkan pelanggan, banyak konsumen pasti memilih kembali ke perusahaan tersebut.
Cara memberi pelayanan ekstra dapat berupa memiliki karyawan yang ramah, profesional dan selalu siap membantu kapan saja. Pastikan memberi feedback dan menjawab pertanyaan dan keluhan para pelanggan dengan cepat.
Respons ini dapat diberikan lewat post social media, akses website, direct email dan bahkan kontak aplikasi chat seperti WhatsApp. Semakin banyak interaksi dan layanan luar biasa yang dirasakan pelanggan, makin puas mereka untuk kembali terus menerus.
Gunakan Marketing Personalisasi
Personalzed marketing adalah strategi marketing untuk mengubah pendekatan perusahaan ke konsumen secara individu. Tiap konsumen adalah individu berbeda yang memiliki preferensi dan tingkat ketertarikan berbeda – beda. Agar efektif memberi pelayanan, pastikan mengubah pendekatan bisnis agar lebih cocok untuk tiap konsumen. Hal ini dapat menggunakan konsep algoritma. Menggunakan data sejarah belanja mereka, golongan gender, golongan umur dan juga kebiasaan belanja produk, pihak bisnis menyesuaikan layanan berdasarkan hal tersebut.
Usahakan Memberi Layanan Pasca Penjualan
Layanan pasca pembelian harus diberikan sebagai bentuk perhatian lebih bisnis terhadap kepuasan konsumen. Bentuk layanan pasca penjualan contohnya garansi produk, bantuan customer service, refund pembelian dan bahkan komunikasi survey kepuasan pembelian.
Memberikan layanan lebih ini tidak hanya membantu konsumen yang mendapatkan pengalaman belanja buruk, tapi dapat membantu pihak bisnis memperbaiki image-nya. Saat ada kekecewaan beli produk, layanan refund pengembalian dapat membantu konsumen tidak takut salah beli contohnya. Jika lebih nyaman belanja, mereka akan kembali lagi pastinya.
Memiliki Platform Website yang Aktif
Di era serba internet ini, platform website sudah menjadi hal paling penting yang dimiliki bisnis. Website sering dipandang sebagian alat utama interaksi bagi para pelanggan. Dibandingkan platform internet lainnya, website lebih lengkap untuk kebutuhan usaha.
Untuk memastikan website efektif untuk bisnis, pastikan memilih hosting murah terbaik, performa bagus dan juga mudah digunakan. Aspek ini dapat membantu pengunjung untuk jadi konsumen dan akhirnya berubah jadi pelanggan tetap.
Pastikan konsumen mendapatkan benefit berkunjung ke website. Mulai dari benefit informasi, kemudahan komunikasi dengan pihak bisnis sampai pelayanan belanja harus ditawarkan. Pastikan juga beri marketing seperti diskon, promosi dan bonus tambahan di website agar lebih mengundang.
Pihak pelaku bisnis juga dapat aktif dengan mengisi website dengan konten. Jika aktif memberi info, up-date tampilan dan juga sering beri promo, para pelanggan pasti akan datang lagi – lagi dan lagi.
Memastikan Komunikasi Rutin dengan Komunitas Pelanggan
Komunikasi rutin adalah langkah membangun kepercayaan tersendiri. Semakin konsumen mendapatkan komunikasi ini, makin besar kemungkinan mereka lebih tertarik kembali. Sama seperti pepatah bilang tidak kenal maka tidak sayang, komunikasi dapat menjadi jalan mengenalkan lebih banyak tentang produk dan layanan bagi para pelanggan. Bentuk komunikasi dapat dimunculkan dalam berbagai hal. Mulai dari postingan social media, pengiriman email langsung ke pelanggan sampai pemberitaan di website bisa menjadi jalur komunikasi.
Selalu Perhatikan Feedback Dari Pelanggan
Data dari pelanggan selalu penting digunakan. Sayangnya, tidak semua keinginan pelanggan adalah hal yang terbaik dilakukan untuk bisnis. Untuk memastikan feedback yang diambil adalah yang terbaik, banyak – banyaklah kumpulkan data.
Demi dapat banyak data, beri insentif pelanggan untuk beri umpan balik, sebarkan survey, beri formulir di website atau bahkan kontak langsung. Dari data, saring feedback apa yang sering muncul dan sesuaikan dengan visi misi perusahaan. Setelah itu, lakukan perubahan strategi bisnis mengikuti hasil analisa tersebut. Jika pelanggan merasa terjadi perubahan sesuai suara mayoritas konsumen, mereka pasti lebih puas. Image bisnis yang mau berubah berdasarkan feedback para pelanggannya pasti lebih positif dan bagus untuk promosi.
Buat Program Loyalitas
Program ini diberikan sebagai bonus telah menjadi pelanggan tetap. Semakin menarik layanan program loyalitasnya, makin banyak orang pasti terus datang kembali ke bisnis tersebut. Program ini dapat berupa membership dengan bonus khusus, poin untuk sering belanja dan juga notifikasi jika mendaftar newsletter. Program loyalitas sudah terbukti dapat tingkatkan pendapatan bisnis, mengurangi churn rate (pelanggan yang beralih ke brand competitor) serta membantu membentuk komunitas tersendiri. Efek ini sayangnya tidak dapat langsung dirasakan, program loyalitas lebih baik dilihat sebagai strategi jangka panjang.
Rutin Lakukan Evaluasi Tingkat Kepuasan Konsumen
Evaluasi dapat dilakukan dengan mengirimkan survei pada pelanggan. Beri insentif tersendiri mengisi survei ini dalam bentuk kupon diskon ataupun voucher bonus tertentu. Menggunakan data survei, bisnis dapat melakukan banyak evaluasi dan menanyakan hal krusial dalam menjaga pelanggan.
Dari kumpulan tersebut, bisnis dapat mengubah strategi bisnis dan melakukan R&D demi menarget tingkat kepuasan pelanggan yang lebih baik. Aspek yang harus dilihat dalam perencanaan baru ini adalah kualitas produk, kualtias pelayanan, tingkat harga jual dan kemudahan akses produk.
Mempertahankan Pelanggan Merupakan Salah Satu Kunci Sukses Sebagai Bisnis
Semoga info dan penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi Mitra Algotech sekalian. Untuk dapat menjalankan bisnis dengan baik, jangan hanya mencari konsumen baru saja. Pastikan dapat memberi kepuasan tersendiri bagi konsumen tersebut hingga mereka akan kembali terus menerus.
Seperti disinggung di atas, menggunakan jasa pembuatan website dapat menjadi kunci menjaga pelanggan tetap. Pastikan gunakan layanan dari ALGOTECH untuk kebutuhan website bisnis! Pasti lebih baik kemudahannya bagi pelanggan dan mereka akan terus datang kembali !
Demikianlah pembahasan mengenai 9 Cara Ubah Konsumen Menjadi Pelanggan Tetap Agar Bisnis Makin Awet , apabila anda membutuhkan website atau aplikasi android segera hubungi kami di WA 0812 6363 0633