Mengenal Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Teknologi Artificial Intelligence (AI)


Mengenal Teknologi Artificial Intelligence (AI) -Hingga saat ini, teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan telah berkembang makin pesat. Walaupun sering kali AI digambarkan di film fiksi ilmiah sebagai robot yang punya karakteristik serupa dengan manusia, sebenarnya teknologi ini sendiri bisa mencakup apa saja. Contohnya algoritma pencarian milik Google, Watson IBM, senjata otonom, hingga mesin produksi.
Meski begitu, apakah Mitra Algotech sudah tahu apa yang dimaksud dengan AI itu sendiri? Sebagai teknologi yang akan mendominasi dunia di masa depan, pastinya Mitra Algotech perlu mengenalnya, kan? Karena itu, yuk simak ulasannya berikut ini!
Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?


Secara garis besar, AI merupakan simulasi proses kecerdasan manusia yang dilakukan mesin dengan sistem komputer. Seluruh proses yang dimaksud meliputi pembelajaran, penalaran, hingga koreksi diri. Jadi, AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi serta aturan untuk menggunakan informasi tersebut, menggunakan aturan guna mencapai estimasi output yang pasti, sampai koreksi atau perbaikan.
AI sendiri bisa dikategorikan ke dalam dua jenis, yaitu weak AI dan strong AI. Yang dimaksud dengan weak AI adalah sistem AI yang khusus dirancang dan dilatih agar bisa menjalankan tugas tertentu. Contohnya asisten pribadi virtual, seperti Cortana milik Windows dan Siri milik Apple.
Sementara itu, strong AI merupakan sistem AI yang punya kemampuan kognitif atau kecerdasan manusia secara keseluruhan. Jadi, jika strong AI menghadapi tugas yang tidak ia kenal, strong AI akan tetap bisa menemukan solusinya meskipun tanpa campur tangan manusia.


Cara Kerja AI

Teknologi AI bekerja dengan menggabungkan berbagai data lewat pemrosesan yang cepat, berulang, dan menggunakan algoritma yang cerdas. Hal ini lantas memungkinkan perangkat lunak agar bisa belajar secara otomatis, baik berdasarkan fitur atau pola dalam data.
Cara kerja AI sendiri sebenarnya tak lepas dari berbagai teori, metode, teknologi, hingga subbidang utamanya. Jadi, jika dijabarkan, proses kerja AI adalah sebagai berikut:

 

  • Machine learning untuk otomasi pembuatan model analisis dengan menggunakan metode jaringan saraf, statistik, riset operasi, serta fisika dalam menemukan wawasan tersembunyi yang terkandung di dalam data.
  • Jaringan saraf merupakan jenis machine learning yang terdiri atas unit yang saling terhubung, serupa dengan jaringan saraf manusia. Fungsinya adalah memproses informasi dengan memberikan tanggapan atas masukan internal dan meneruskan informasi tersebut lewat beberapa lintasan untuk menemukan makna.
  • Kemajuan teknologi komputasi membantu proses pembelajaran yang mendalam di jaringan saraf, terutama untuk mempelajari pola rumit di dalam sebagian besar data.
  • Komputasi kognitif merupakan sub bidang AI yang memampukan interaksi seperti halnya interaksi alami manusia dengan mesin. Penggunaan AI dan komputasi kognitif bertujuan untuk memampukan mesin dalam membuat simulasi proses manusia ketika mesin menafsirkan ucapan dan gambar, kemudian memberikan respon secara koheren.
  • Visi komputer bergantung pada proses pengenalan pola dan pembelajaran guna mengenali informasi di dalam gambar atau video. Setelah memproses, menganalisis, dan memahami, mesin lantas mampu menangkap gambar dan video secara real time.
  • NLP atau Natural Language Processing merupakan kemampuan komputer dalam menganalisis, memahami, dan menghasilkan bahasa manusia, dan di dalamnya termasuk ucapan. Di sini, NLP memampukan interaksi bahasa alami agar manusia mampu berkomunikasi dengan komputer meski menggunakan bahasa sehari-hari yang normal, bukannya bahasa komputer atau pemrograman.

 

Di samping itu, ada beberapa teknologi yang mendukung kinerja AI, seperti:

  • Unit pemrosesan grafis sebagai salah satu kunci karena fungsinya dalam menunjang daya komputasi berat, yang dibutuhkan dalam pemrosesan berulang. Pasalnya, proses jaringan saraf membutuhkan data serta daya komputasi besar.
  • Internet of Things (IoT) untuk menghasilkan sejumlah besar data dari berbagai perangkat yang terhubung, dan sebagian besar darinya tidak dianalisis. IoT banyak digunakan karena kebutuhan untuk otomasi model menggunakan AI.
  • Application Processing Interfaces (API), yaitu paket kode portabel untuk menambah fungsionalitas AI ke dalam produk maupun perangkat lunak yang digunakan,

 

Dengan begitu, tujuan AI secara ringkas adalah untuk menyediakan perangkat lunak yang mampu memberi penalaran pada input dan menjelaskan output yang diperoleh. Dengan AI, interaksi antara manusia dengan mesin akan disimulasikan seperti interaksi antar manusia, sehingga mampu menunjang tugas-tugas tertentu yang dikehendaki.
Itulah informasi ringkas tentang Mengenal Teknologi Artificial Intelligence (AI). Bagi Mitra Algotech yang membutuhkan jasa pembuatan website, Mitra Algotech bisa hubungi kami di nomor HP 0812 6263 0633 untuk jasa pembuatan website toko online maupun jasa pembuatan aplikasi Android yang profesional dan terpercaya.









Artikel Lainnya


Mengenal Tentang SERP

Mengenal Tentang SERP

Mengenal Tentang SERP- Ketika Mitra Algotech mengenai SEO untuk bisa meningkatkan lalu lintas website tentu akan menjumpai istilah SERP atau pada saat akan menggunakan jasa SEO Medan pasti sering mendengar tentang SERP ini. Lalu apa itu SERP? Apakah penting untuk SEO? Nah, daripada Mitra Algotech penasaran tentang semua pertanyaan di… - Read

Tips Mudah Memulai Bisnis Desain Grafis Online Untuk Pemula

Tips Mudah Memulai Bisnis Desain Grafis Online Untuk Pemula

Tips Mudah Memulai Bisnis Desain Grafis Online Untuk Pemula - Di era teknologi serba canggih seperti sekarang ini, tentu saja banyak bisnis desain grafis online yang marak diiklankan di semua media dengan berbagai jasa desain logo murah yang ditawarkan. Bahkan, tak sedikit orang yang banyak menjadikan bisnis ini sebagai peluang… - Read

Tips Memilih Jasa Pembuatan Logo Esport Terpercaya dan Berpengalaman

Tips Memilih Jasa Pembuatan Logo Esport Terpercaya dan Berpengalaman

Dalam pembuatan logo tersebut memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pastikan apabila logo memiliki tujuan tertentu dan dapat menggambarkan identitas dari e-sport yang bersangkutan sehingga orang-orang akan lebih mengenal anda dengan mudah. ? Selain menentukan tujuan dari pembuatan logo tersebut, ada baiknya anda juga memperhatikan pemilihan jasa pembuatan logo esport… - Read



Kirm Komentar Anda
Jasa Pembuatan Website Profesional

ALGOTECH

Algotech perusahaan dan jasa pembuatan website di medan, kami sudah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah mempuyai pengalaman lebih dari 50 perusahaan di tangani. Kami berkomitmen untuk membantu perusahaan anda agar dapat lebih di kenal di dunia online.

Blogger Medan Algotech

Jl Mongonsidi No 6
( Dilo Telkom )
Medan, Sumatera Utara, Indonesia

0812 6363 0633

Jasa Pembuatan Website Profesional